Aku adalah Bulan juga Matahari


                                                    Aku adalah Bulan juga Matahari

    Dimulai dengan aku membuat nama pena Hairembulan. karena, terinspirasi Banksy tahun 2011 untuk berkarya secara misterius yg pada akhirnya, aku tidak menjadi Banksy atau diriku sendiri. tapi, nama Hairembulan itu aku temukan di fase kesadaran saat aku memutuskan suatu hal yg besar, setidaknya untuk tubuhku yg kecil ini pada tahun 2013 dan bulan penuh menyambut pertanda bahwa, ini memang harus terjadi dan aku hanya harus percaya pada intuisi.

     Dimulai dengan menamai diriku sendiri Hairembulan, teman-teman mulai memanggilku "Bulan" atau "Moon" atau kadang dibuat lelucon, aku dipanggil lengkap "Hairembulan". tidak apa-apa sebenarnya, aku tidak terlalu ambil pusing. hanya saja, meromantisasi hal-hal kecil ini memang aneh. aku benar-benar seorang penyendiri yg tak kalian pahami. yg kalian lihat di internet, di dunia nyata mungkin hanya 0,01% dari bagian diriku yg asli. sisanya, ada dinding pembatas besar yg tak akan bisa dijamah siapapun kecuali aku.

    Dimulai dengan menyebut diriku sendiri "Bulan" aku mulai meromantisasi orang lain yg dekat denganku, mantan kekasih aku sebut "Matahari". memang, secara tipe klasik Matahari adalah anak laki-laki ceria dan penuh rasa percaya diri. sedangkan Bulan adalah anak perempuan pemalu dan pendiam. aku sendiri yg menciptakan duniaku dan seharusnya, saat dunia itu hancur atau mari kita sebut "berevolusi" , seharusnya aku sadar dan mengerti, karena akulah penciptanya sendiri.

kemelekatan adalah kesengsaraan
  
    Dimulai dengan nama Bulan dan kemelekatan yg berada di bawah alam sadar menguasaiku, aku mebuat toko dinamakan "Sun and Moon" , Matahari dan Bulan aku sendiri yg menamakannya. segala energi aku curahkan di sana. aku bahkan memutuskan untuk bekerja di rumah saja dan menggantungkan harapan, cita-cita dan keuangan di toko Sun and Moon. toko ini adalah ideku dan mantan kekasih meresponnya dengan sangat gesit. kami langsung produksi dan bersemangat sekali menghidupi toko ini, toko kita. untuk beberapa bulan, penjualan kami bagus, kerjasama kami juga lumayan, walaupun lebih sering ribut dan tentu saja, aku lebih sering menangis. karena, perbedaan pendapat, komunikasi yg buruk dan lupa akan cinta yg seharusnya menjadi akar toko ini hidup.

     Dimulai dengan membuat toko Sun & Moon, hari-hariku sibuk berbelanja bahan produksi, produksi ke penjahit, bordir baju, mengunggah foto produk, menjadi modelnya,membalas pesanan, mencatat keuangan, mengemas paket dan mengirimnya. diantara itu semua, yg paling melelahkan sejujurnya adalah, membalas pesanan pembeli, menjadi admin toko paling menguras energiku. aku mengakalinya dengan menjadwalkan membuka hp atau saat malam, saat aku sudah mandi, sudah keramas, sudah memakai minyak telon, sudah memakai wewangian, menyalakan dupa, duduk di atas bangku empuk dan membalasnya satu persatu dengan manis.

    Dimulai dengan berjalannya toko atas keidealisanku, mempunyai toko baju handmade dengan bordir sebagai pembeda dan sebagai penanda bahwa ini adalah karyaku, harganya mungkin lebih mahal dibanding harga pakaian di mall atau produksi masal. tapi, aku menaruh cinta di dalamnya, aku menulis surat di kartu pos sendiri, aku membordir pesanan sembari menonton film-film hangat agar tidak mengantuk, aku menyematkan bunga-bunga kering dan harum alam yg aku buat sendiri, supaya saat paket dibuka, ada memori harum yg tersimpan rapih, menyambut tangan baru yg akan menjaga benda mati itu menjadi memiliki nilai keindahan. semuanya aku perhitungkan. walaupun, tentu saja masih banyak sekali kekurangan.

    Dimulai dengan "Matahari Buatan" yg aku ciptakan. aku bekerja keras bukan hanya dalam hal mengurus toko tetapi juga bekerja keras untuk menerima segala kericuhan yg ada di antara dua kepala. kami berbeda sekali dan seharusnya, sejak awal aku sadar itu, bukan memilih kabur dan menerima ilusi "Dengarkan sisi aku" . banyak hal terjadi yg musti aku tangani sendiri,rasa sakit dan kecewa. tahun 2018, mentalku kacau. romansa tidak akan ada, jika salah satu atau keduanya masih belum menerima diri sendiri dan masih mencari kebahagiaan di luar. pelajaran dari rasa sakit ini banyak sekali dan tentu saja, aku tidak membenarkan tindakan-tindakan yg tidak menguntungkan di dalam hubungan saat itu, tapi di lain sisi aku bertemu banyak teman baru yg menolongku keluar dari sarang racun dan kembali ke rumah yg abadi yaitu diri sendiri.

   Dimulai saat Bulan baru di Banten, aku menjadi relawan untuk anak-anak penyintas korban tsunami, aku disadarkan oleh jagat raya melalui pesan seorang anak perempuan yg akhirnya, membuatku memutuskan untuk benar-benar pergi dan menutup buku. perjalanan lautan samudera dari jalanan berdebu, aku saksikan dengan begitu damai. aku memutuskan pergi, berhenti menyalahkan diriku atas segala kebodohan, menerima dan memaafkan diriku dan memaafkan sisanya. dan mungkin saja, suatu hari aku akan lupa. mungkin saja.

   Dimulai dari petunjuk jagat raya, aku tidak pernah mencari tahu sendiri. intuisi dan hal-hal acak datang sendiri. aku hidup dari tabungan dan sialnya, rasa percayaku pada orang lain menjadi berkurang, aku penuh pertanyaan dan menjadi lebih waspada. aku tidak bisa menangis lagi.

                             Aku adalah Bulan juga Matahari


    Dimulai dari bulan penuh bulan ke satu tahun dua ribu sembilan belas, aku bertemu hal-hal baru yg menuju pada jawaban yg pasti bahwa, aku adalah Bulan juga Matahari itu sendiri. toko aku tutup karena alasan energi dan kenangannya masih begitu lekat. pesan-pesan balasan pembeli yg menyayangkan tokoku tutup membuatku menangis, teman-teman yg mendukung dan tentu saja, ibu penjahit yg sudah begitu baik membantuku mewujudkan toko ini hidup. tahun ini, aku membangun sarang baru dan aku putuskan untuk membuka kembali toko Sun And Moon. Bulan adalah aku dan Matahari juga aku. kami saling melengkapi dengan sempurn.aku bisa mengerjakan semuanya sendiri untuk hari ini. tapi, nanti saat kucing-kucing sudah gendut karena berhasil aku steril dari hasil tabungan penjualan, aku akan mengajak teman-teman untuk membantu dan aku akan mewarnai kain dengan akar-akaran dan kembang-kembangan dan melukis pola naga dan bintang-bintang dengan batik dan membordir sendiri pakaian-pakaianku ditemani film-film hangat tentang kehidupan di desa yg aku impikan dan aku percaya, suatu hari akan datang. hari ini hari ini aku hanya ingin menjadi diriku sendiri.
                      

                            hari ini, hari ini aku hanya ingin berterimakasih untuk diriku
     diriku yg selalu aku lupakan
dan diriku yg selalu menahan beban sendirian
hari ini hari ini
aku tidak akan kalah oleh kemelekatan
aku adalah bulan
juga matahari



Komentar

Postingan Populer